Spotify Jadi Sponsor FC Barcelona untuk 12 Tahun Mendatang

Majelis umum Barcelona baru-baru ini meratifikasi perjanjian klub sepakbola tersebut dengan Spotify pada hari Minggu waktu setempat. Pihak klub berujar bahwa kerjasama keduanya tersebut merupakan kesepakatan sponsor terbaik dalam sejarah klub sepakbola asal Spanyol tersebut. Tak hanya itu, beberapa sumber mengatakan kerjasama keduanya akan berlangsung setidaknya selama 12 tahun mendatang.

Gabung di M88 Sekarang

Disetujui Mayoritas Majelis Umum FC Barelona

Kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut dikabarkan tercapai pada bulan Maret silam. Setelah dibawa ke dalam rapat majelis umum, sebanyak 89% pemilik suara memberikan persetujuan mereka untuk meratifikasi kesepakatant ersebut.

Dalam sebuah kesempatan, presiden FC Barcelona, Joan Laporta, mengemukakan bahwa karena alasan kerahasiaan kesepakatan global Spotify, pihaknya tidak dapat mengemukakan nilai pasti dari kesepakatan tersebut. Meski demikian, ia berujar bahwa kesepakatan tersebut merupakan kesepakatant erbaik terkit seragam maupun stadion dalam hal keuangan. Ia bahkan menegaskan bahwa hal tersebut berlaku di sepanjang sejarah klub sepakbola asal Spanyol tersebut.

Keuntungan bagi FC Barcelona

Pada kesempatan lain, menurut penuturan M88 Indo, kemitraan tersebut juga memberikan keuntungan lain bagi pihak FC Barcelona. Salah satu di antaranya adalah pemasukans ebesar kurang lebih 400 juta Euro atau setara dengan 440 juta Dolar Amerika Serikat selama kontrak tersebut berlangsung.

Di sisi lain, pihak klub mengutarakan bahwa Spotify akan menjalin kerjasama dengan pihak Camp Nou selama 4 musim kompetisi. Kedua pihak juga dikabarkan sepakat untuk melakukan renovasi yang diperlukan untuk markas FC Barcelona bahkan hingga mencakup 8 musim sejak 4 musim kompetisi yang menjadi tajuk utama kesepakatan. Kabar lainnya, meski belum dapat dipastikan, bahkan mengutarakan adanya rencana pihak Barca untuk mengganti nama markas mereka menjadi Spotify Camp Nou.

Keuntungan bagi Pihak Spotify

Di sisi lain, pihak Spotify tentunya juga akan mendapatkan keuntungan. Beberapa sumber mengatakan bahwa perusahaan penyedia layanan streaming musik tersebut akan tampil di bagian depan seragam tim pria dan wanita FC Barcelona. Hak tersebut akan dimiliki Spotify selama 4 msuim kompetisi, mulai dari musim 2022-23 mendatang. Selain itu, logo Spotify juga akna muncul pada seragam latihan tim selama 3 musim kompetisi. Sama seperti keuntungan sebelumnya, kesepakatan ini juga akan secara efektif dimulai pada musim 2022-23 mendatang.

Klub sepakbola tersebut berujar bahwa para pengguna layanan Spotify juga akan mendapatkan akses ke berbagai diskon dan program menarik yang melibatkan kedua belah pihak. Selain itu, di luar inti kesepakatan tersebut, pihak Spotify sendiri dikabarkan akan meluncurkan aplikasinya di Catalan.